Senin, 25 September 2017

Berhentilah mengasihani diri sendiri 😊

Dalam hidup, kamu akan menemui begitu banyak batu dalam berbagai ukuran 😊
Bisa jadi, batu hanya membuatmu tersandung, lalu dapat berdiri kembali
Bisa jadi, batu membuatmu terpeleset hingga luka dalam, dan membuatmu tak bisa berjalan kembali

Semua tentang batu, pengibaratan tentang kamu 😊
Pagi ini, saya termotivasi untuk bercerita tentang hidup ☺
Allah menciptakan semuanya dengan kehendak dan tujuan yang tidak pernah buruk 😊

Manusia diberi akal, agar berfikir dengan jeli
Manusia diberi mata, agar dapat melihat dengan jelas
Manusia diberi kaki, agar dapat berjalan dengan kuat
Manusia diberi tangan, agar dapat melakukan apapun dengan sigap

Setiap orang, pasti telah menemui batu kerikil ataupun batu besar dalam hidupnya  Ada yang jatuh terbangun, atau malah jatuh dan tersungkur ☺

Saya pribadi (pun) pernah, merasa kecewa saat benar-benar berharap. Merasa kalut saat tertimpah musibah. Tidak sedikit manusia, suka merundung pilu ☺. Terlalu sibuk mengasihani diri sendiri, hingga lupa bahwa ada orang yang lebih dibawah namun selalu bersyukur 😇

Setelah Allah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, saya mulai paham bagaimana keadaan sekitar secara lebih dekat. Kondisi siswa, masyarakat, orangtuanya, keluarganya, dan lain sebagainya 😭

Sempat, siswa saya selama 8 hari berturut-turut ALFA. Saya mencoba menghubungi orangtuanya, dan orangtuanya berkata bahwa, "lia nya ga mau sekolah bu, malu karena bayarannya belum bayar lunas".
Singkat cerita, neneknya datang ke sekolah dan meminta cuti selama setahun, karena keterbatasan dana. Pihak sekolah tidak mengizinkannya, karena lia adalah murid yang bisa dibilang pandai. Akhirnya, saya sebagai wali berniat untuk ikut neneknya pulang (ingin tau bagaimana kondisi sehari hari)

Sekitar 20 menit dari sekolah menuju ke rumah lia. Sesampainya disana, antara terkejut dan heran. Bagaimana tidak? mereka tinggal di 1 petak tanah yang jauh dari layak 😟. Saya masuk ke dalam rumahnya, bisa kalian bayangkan, rumahnya tidak bersekat seperti rumah pada biasanya. Berbentuk persegi dengan bilik bambu, tempat tidur berselambu, dan depan tempat tidur adalah tempat cucian piring, sampingnya ada rak, dan 1 magic com, dengan lampu hanya satu, dan menyalur dari rumah tetangga. Kehidupan yang begitu miris, mereka tinggal ber empat,dirumah yang amat kecil, ayahnya lia bekerja di luar kota dan belum mendapatkan gaji. Ibunya seorang petani, dan bulan ini tidak panen, belum lagi ditambah Lia yang masih memiliki 2 adik yang belum sekolah 😣.
Masya Allah, masih mau mengeluhkah?

Sungguh, hidup itu hanya sementara. Kebahagiaan dan harta hanya titipan. Saya sempat mengeluh, ketika gadget saya rusak, ban motor saya bocor, saya mengeluh ketika tidak punya uang. Hal se-sederhana demikian, saya mudah mengeluh. Namun, ketika melihat lingkungan sekitar, mereka yang pontang panting mencari uang di bawah matahari, yang berjualan keliling, ber-alas kaki, belum tentu mendapatkan uang, kendaraan motor tidak punya, pakaian yang dikenakan kurang layak, makan hanya lauk seadanya, dan masih banyak yang lebih dibawah dari kita, namun mereka tidak pernah putus asa, selalu berusaha, berdoa. Mereka tidak mengeluh dengan keadaan, mereka tidak berontak. Lalu mengapa, kita yang posisinya berada diatasnya, tidak ada jeda tanpa mengeluh 😟

Ketahuilah, duniamu boleh abu-abu, namun tidak tentang semangatmu 💕
Ketahuilah, untuk sampai diatas, mulailah mendaki dari bawah

Jangan, terlalu mengasihani diri, merasa terintimidasi dengan keadaan. Mereka yang berposisi dibawah kita, terus menerus mengubah keadaan dan tidak meminta kasihan 💕

Selamat menjalani hidup, layaknya kopi, walau ada rasa pahit, namun tetap terasa nikmat 💕💕☕


5 komentar:

  1. Harus terus berusaha menjadi pribadi yang terus memperbaiki diri :)

    BalasHapus
  2. Waah, kisah tentang muridmu menjadi penguat dalam tulisan ini.

    Tulisan yang manis sekaligus pengingat bahwa jangan terus melihat ke atas, lihat lah ke bawah.

    Good Job.

    Semangat terus berbagi inspirasi.

    Frasa yang kusuka:
    "Ketahuilah, duniamu boleh abu-abu, namun tidak tentang semangatmu"

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu senang ketika dapet komentar dan saran dari kang fery ☺☺ makasih kang

      Hapus
  3. cerita yang mengandung pesan bagi saya pribadi.. tnx ka

    BalasHapus

Dream, Wake up, Prove It!

Di setiap kehidupan, Tuhan selalu memberi kesempatan kepada setiap manusia untuk bahagia. Definisi bahagia, salah satunya adalah dapat m...